Berita Terkait Wabah PMK

Provinsi

16

Kasus Aktif
11
Zero Reported Case
Kab/Kota

129

Kasus Aktif
181
Zero Reported Case
Kecamatan

933

Kasus Aktif
1.854
Zero Reported Case
Desa

2.994

Kasus Aktif
11.265
Zero Reported Case

8.215.047

(ekor)
Sakit

585.077

(ekor)
Sembuh

524.905

(ekor)
Potong Bersyarat

13.699

(ekor)
Mati

10.569

(ekor)
Belum Sembuh

35.904

(ekor)

Vaksinasi PMK Capai 63 Persen, Gubernur Jatim Khofifah Ingatkan Tetap Jaga Kewaspadaan | TIMES Indonesia

10 Aug 2022 14:21:18 | TimesIndonesia.co.id

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Percepatan vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) bagi hewan ternak terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Senin (8/8/2022), Gubernur JatimKhofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan vaksinasi PMK tahap II atau revaksinasi hewan ternak di Kabupaten Jember.

Gubernur Khofifah meninjau pelaksanaan vaksinasi PMK untuk hewan ternak di Desa Pondokjoyo, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember. Vaksinasi yang ditinjau gubernur ini merupakan vaksinasi dosis kedua atau re-vaksinasi.

Gubernur Khofifah menyaksikan langsung vaksinasi pada 30 ekor sapi potong milik peternak di Pondokrampal Desa Pondokjoyo. Sapi yang divaksin ini berjenis Limosine, Simental dan PO.

Gubernur Khofifah menuturkan, percepatan dan perluasan vaksinasi PMK di Jatim tidak boleh melemah. Menurutnya, PMK harus menjadi kewaspadaan semua pihak.

"Monitoring ini adalah upaya kita untuk menjaga ternak-ternak kita tetap sehat. Kalau ternaknya sehat, maka peternaknya pun menjadi semakin tenang," tuturnya.

Berdasarkan data, sampai Minggu (7/8/2022), tercatat sebanyak 635.050 dosis vaksin PMK Tahap I dan II telah disuntikkan di berbagai daerah. Nilai tersebut setara 63 persen dari total 1.003.300 dosis vaksin yang telah diterima Jawa Timur.

Untuk itu, Gubernur Khofifah berpesan agar kerjasama berbagai elemen masyarakat terus ditingkatkan. Mulai level Babinsa, Babinkamtibmas hingga Kepala Desa. Jika ada informasi terkait kondisi ternak kurang sehat segera kordinasi dengan kadis peternakan atau otoritas veteriner terdekat.

Menurutnya, konfirmasi dua arah dan komunikasi Pentahelix harus terus dilakukan. Ia menegaskan bahwa PMK ini harus diwaspadai oleh semua, bukan hanya peternak.

Misal Pak Kades bisa mengkonfirmasi berapa sapi yang ada di daerah masing-masing. Jika ada yang belum divaksin, mohon segera dikomunikasikan dengan Dinas Peternakan karena semua vaksin dari pusat langsung didistribusikan ke kabupaten atau kota," jelas Khofifah.

Dalam seminggu terakhir jumlah ternak sakit dan yang dipotong paksa sudah jauh menurun. Hal ini tentunya menandakan bahwa vaksinasi sudah menunjukkan efektivitasnya.

Sementara dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi PMK, Jawa Timur melibatkan semua Tenaga Kesehatan Hewan di Jawa Timur. Total sebanyak 2.450 orang yang terdiri dari 950 dokter hewan dan 1.500 paramedik veteriner telah disiapkan untuk percepatan vaksinasi.

Sedangkan di Jawa Timur, vaksinasi PMK Tahap I sudah menyasar 11.200 ekor sapi di Jember. Setelah vaksinasi Tahap I selesai, Kabupaten Jember mendapatkan kiriman 25.200 vaksin lagi. Vaksin itu akan divaksinkan kembali untuk 11.200 ekor sapi yang sebelumnya sudah divaksin di tahap pertama. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Vaksinasi

Kontak Layanan Crisis Center PMK

Any Content, Logo, Images, Trademarks and Registered Trademarks not owned by SiagaPMK.crisis-center.id
that appears on the Websites
is the property of their respective owner(s).
and its property is also protected by copyright law,
used in this website are for public information purposes only
Source By : TimesIndonesia.co.id