Berita Terkait Wabah PMK

Provinsi

16

Kasus Aktif
11
Zero Reported Case
Kab/Kota

129

Kasus Aktif
181
Zero Reported Case
Kecamatan

933

Kasus Aktif
1.854
Zero Reported Case
Desa

2.994

Kasus Aktif
11.265
Zero Reported Case

8.215.047

(ekor)
Sakit

585.077

(ekor)
Sembuh

524.905

(ekor)
Potong Bersyarat

13.699

(ekor)
Mati

10.569

(ekor)
Belum Sembuh

35.904

(ekor)

Pemerintah Targetkan Vaksinasi PMK Tahap Awal Tuntas September

12 Aug 2022 15:41:16 | MediaIndonesia.com

Antara/Raisan Al Farisi.Dokter hewan memeriksa kesehatan sapi sebelum penyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap kedua di Cicendo, Bandung, Jawa Barat.

PEMERINTAH menargetkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap awal selesai dilakukan pertengahan September 2022. Diharapkan percepatan vaksinasi tersebut segera bisa menekan penyebaran wabah PMK. 

"Kami menargetkan distribusi dan vaksinasi dua tahap awal yang sebanyak 3 juta dosis tuntas bulan ini atau maksimal pertengahan September," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan PMK Wiku Adisasmito belum lama ini. Indonesia meniru penanganan PMK dari negara-negara yang sudah terpapar wabah terlebih dulu dengan menyesuaikan kondisi terkini di dalam negeri. 

"Di Asia Tenggara, kontrol PMK lebih banyak atau mayoritas menggunakan vaksin. Studi membuktikan bahwa vaksin PMK mampu menekan dampak keuangan bagi smallholder livelihood di Asia Tenggara," katanya.  

Untuk tahap awal, pemerintah mendistribusikan 3 juta dosis vaksin PMK yang dibagi ke dalam dua fase, yaitu 800 ribu dosis yang telah didistribusikan dan disuntikkan ke hewan ternak. Fase dua, sebanyak 2,2 juta dosis tengah didistribusikan dan mulai disuntikkan ke hewan ternak. 

"Vaksinasi telah dilakukan sebanyak lebih dari 800 ribu vaksin kisaran Juni-Juli 2022. Di Indonesia jumlah kasus baru PMK melandai. Ini memperlihatkan vaksin mampu menekan PMK," katanya. 

Selain mendatangkan vaksin PMK dari lima perusahaan asing di luar negeri, pemerintah juga menggandeng perusahaan produsen vaksin lokal agar kebutuhan vaksin cepat dan mudah terpenuhi. "Pemerintah mengupayakan percepatan pengadaan vaksin. Pemerintah juga berencana mengimpor bahan baku vaksin yang diproduksi dalam negeri, karena perusahaan farmasi lokal juga punya kemampuan memproduksi vaksin dalam jumlah besar," kata Wiku. (RO/OL-14)

Subsidi BBM sepatutnya diberikan kepada kaum miskin, bukan untuk warga menengah ke atas seperti selama ini berlangsung.

Manajemen Pasar Gembrong Baru merangkul korban kebakaran untuk merayakan HUT ke-77 RI.

Copyright © 2022 PT CITRA MEDIANUSA PURNAMA Media Group - mediaindonesia, All Rights Reserved


Kontak Layanan Crisis Center PMK

Any Content, Logo, Images, Trademarks and Registered Trademarks not owned by SiagaPMK.crisis-center.id
that appears on the Websites
is the property of their respective owner(s).
and its property is also protected by copyright law,
used in this website are for public information purposes only
Source By : MediaIndonesia.com